Jumat, 18 November 2016

Perbedaan Windows 10 Asli dan Bajakan

Perbedaan Windows 10 Asli dan Bajakan

WEDUSKU.COM - Beberapa waktu yang lalu, sempat tersiar kabar bahwa Microsoft akan menggratiskan sistem operasi terbaru mereka yakni Windows 10, tanpa syarat apapun. Dengan kata lain, Windows 10 ini dikabarkan akan bisa dinikmati secara penuh oleh semua pengguna Windows, baik yang bajakan atau yang asli.

Tapi sayangnya, belakangan Microsoft secara resmi membantah kabar ini. dalam klarifikasi yang diberikan oleh Microsoft, ada sebuah kondisi yang membedakan mana pengguna Windows asli dan mana pengguna Windows bajakan.

Cara Mudah Membedakan Windows 10 Asli dengan Windows 10 Bajakan
Cara Mudah Membedakan Windows 10 Asli dengan Windows 10 Bajakan

Dalam sebuah postingan di log resmi Microsoft, ketika pihak Microsoft memverifikasi sebuah perangkat yang menggunakan Windows 10 bajakan, maka Microsoft secara otomatis akan menampilkan sebuah watermark di desktop mereka guna untuk mengingatkan pengguna jika mereka menggunakan sistem operasi bajakan.

Dengan kata lain, seperti dilansir dalam Neowin, seluruh pengguna Windows 10 yang berangkat dari Windows bajakan, dipastikan akan terus menerus diingatkan tentang status bajakan yang digunakannya. Peringatan ini sendiri semacam tanda watermark yang lazim kita temukan dalam foto-foto komersial di dunia maya.

Pihak Microsoft sendiri masih belum menunjukkan seperti apa bentuk dan dan di mana posisi watermark Windows 10 tersebut. Kalau melihat ke belakang, dalam beberapa versi Windows, terutama Windows XP dan Windows 7, biasanya watermark ini diletakkan di sebelah pojok kanan bawah layar desktop dengan bunyi peringatan “Windows is not genuine. Your computer might not be running a counterfeit copy of Windows”.

Lantas Bagaimana Cara Membedakan Windows 10 Asli dengan Dengan Windows 10 Bajakan ? Simak tutorial berikut :

  1. Buka aplikasi bawaan Windows 10 yakni Command Promt (CMD) bisa menggunakan Shortcut Windows Key + R. 
  2. Pada aplikasi Command Promt ketikan perintah ini slmgr /xpr . Setelah mengetikan perintah tersebut silahkan tunggu beberapa saat maka akan muncul sebuah pop up pemberitahuan bahwa windows kamu teraktivasi permanen atau tidak. Jika persis seperti gambar di bawah dipastikan bahwa windows kamu original. Sedangkan kalau windows kamu bajakan disitu tertera masa expired windows kamu. 
    Contoh Windows 10 yang sudah teraktivasi
    Contoh Windows 10 yang sudah teraktivasi


Sebenarnya hanya dengan kode itu saja, windows kamu sudah bisa dikatakan windows original dan bukan bajakan. Sebenarnya masih ada lagi penambahan-penambahan script kode smlgr ini jika kamu ingin mengetahui lebih detail windows kamu, berikut kode nya :

  • slmgr /xpr (seperti yang diatas tadi)
  • slmgr /ato (mengetahui aktivasi windows beserta key nya)
  • slmgr /dli (mengetahui aktivasi windows beserta partial product key nya)
  • slmgr /dlv (mengetahui secara lengkap keseluruhan detail aktivasi windows kamu)

Catatan : Setelah mengetikan perintah smlgr beri spasi lalu tanda / dan di ikuti kode berikutnya. Kode diatas kamu ketikkan satu per satu di command prompt (cmd) disitu akan ditampilkan lebih detail mengenai aktivasi windows kamu. Gimana ? Sudahkah Sistem Operasi Windows yang anda gunakan sudah berlisensi ? Jika belum segeralah menggunakan Windows yang Original. [R]

Seorang Jomblo, Atlit Lompat Tinggi Profesional, bercita cita menjadi Manusia Laba Laba