Minggu, 18 Desember 2016

Begini Cara Mengatasi Hijack Browser

Begini Cara Mengatasi Hijack Browser

Begini Cara Mengatasi Hijack Browser
Begini Cara Mengatasi Hijack Browser

WEDUSKU.COM - Browser yang kena hijack kini sudah menjadi hal yang sering ditemui, terlebih lagi bagi para pengguna yang awam dengan komputer. Awalnya, komputer yang kita gunakan untuk browsing lancar-lancar saja. Namun, ketika komputer yang kita gunakan untuk browsing menjadi lemot, padahal internet kita lancar, itu bisa disebabkan karena browser terkena Hijack.

Jika Anda mengalami hal berikut, maka browser Anda positif terkena Hijack:

-> Homepage browser Anda berubah
-> Search engine browser Anda berubah
-> Banyak inject iklan ketika Anda browsing
-> Banyak toolbar tambahan di browser
-> Browser Anda menjadi lemot
-> Browser Anda terinstall add-on tanpa sepengetahuan Anda
-> dan lain-lain

Hal yang menyebabkan Browser Hijack

Sebagian besar dari penyebab browser Hijack adalah kurangnya ketelitian disaat menginstall freeware. Browser hijack ini mayoritas disebabkan oleh adware. Nah, adware inilah yang biasanya ditanam dalam installer freeware.

Bukan hanya freeware yang tidak diketahui asal usulnya saja, Bahkan, software yang sangat populer seperti skype saja juga memiliki opsi untuk mengubah homepage browser ke Bing pada saat proses instalasi. Jika Anda tidak teliti untuk menghilangkan tanda centang pada saat melakukan proses instalasi skype, maka homepage browser Anda akan berubah.

Penyebab yang lainya adalah Lalai dan kurang teliti saat browsing, sehingga, tanpa disengaja, Anda sudah telah mendownload dan menjalankan adware tersebut. Jika Anda perhatikan, banyak sekali situs file hosting yang memiliki iklan yang sangat mirip dengan tombol download. Terkadang, tanpa sengaja Anda telah memencet tombol download yang palsu dan menjalankanya. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab browser hijack juga.

Cara Mencegah Browser Hijack

Beberapa cara dibawah ini bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hijack di browser Anda:

1. Download lah freeware dari sumber yang aman dan terpercaya
2. Selalu teliti ketika Anda menginstall freeware, pastikan juga Anda menghilangkan centang atau mematikan opsi instalasi adware, toolbar, dan semacamnya.
3. Teliti pada saat browsing, terlebih lagi saat download. Jangan sampai Anda mendownload dan menjalankan file yang salah.
4. Anda harus berhati-hati ketika mendownload dan menjalankan attachment. Terkadang, adware juga disebarkan melalui attachment di email (spam).
5. Pastikan security software Anda up to date (terbaru)

Jika sudah terkena hijack, ini yang harus anda lakukan

Beberapa hal diatas adalah untuk mencegah browser hijack. Lalu, bagaimanakah jika saat ini browser Anda sudah terkena hijack dan amburadul?

Berikut ini adalah hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan hijack di browser.

Bersihkan Menggunakan ADWCleaner
ADWCleaner ini mampu membersihkan hijack dibrowser seperti toolbar, inject iklan, search engin yang abal-abal, dan homepage yang berubah. Perbersihan menggunakan ADWCleaner bisa dibilang sangat bersih. Bahkan, di banyak kasus, browser langsung normal jika sudah dibersihkan menggunakan ADWCleaner ini.

Uninstall Addware Secara Manual

Terkadang, software seperti ADWCleaner tidak mampu membersihkan semua sampah tersebut. Jadi, setelah dibersihkan menggunakan software ADWCleaner, pastikan Anda untuk mengecek juga Add or Remove Program, Kemudian uninstall software yang mencurigakan, tidak penting, atau tidak terpercaya, seperti search engine dan lain lain.

Jika di browser Anda masih ada toolbar ataupun add-on yang masih tersisa, Anda bisa menguninstall atau menghapusnya secara manual. Anda juga bisa mengatur browser default, homepage, dan lain-lain secara manual jika memang software ADWCleaner tidak mampu membersihkanya.

Uniknya, disebagian kasus yang orang-orang alami, ADWCleaner mampu membersihkan browser dengan sangat baik.

Reinstall Browser Anda (Optional)
Dalam banyak kasus hijack browser, hal ini tidak perlu di lakukan. Namun, ketika beberapa hal di atas tidak bisa mengatasi hijack browser, Anda bisa menginstall ulang browser Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.[A]

Seorang Jomblo, Atlit Lompat Tinggi Profesional, bercita cita menjadi Manusia Laba Laba