Kamis, 17 November 2016

Windows Update? Apakah Penting?

Windows Update? Apakah Penting?

WEDUSKU.COM - Windows Update adalah sebuah fitur dari windows yang memungkinkan Windows untuk melakukan update dengan sendirinya (update otomatis). Jadi, Windows Update akan terus berjalan dan mencari update-an terbaru dari Microsoft secara otomatis.

Namun, banyak dari pengguna system operasi windows yang sengaja menonaktifkan fitur ini. Padahal, fitur windows update ini sangatlah penting.

Pentingkah melakukan windows update?

Semua aplikasi yang Anda install di komputer, seperti Googlel Chrome, Microsoft Office, Mozila Firefox, dan aplikasi yang lainya juga mempunyai update. Karena, saat seorang progammer membuat aplikasi tersebut, pasti aplikasi tersebut mempunyai kekurangan.

Nah, untuk itu, Windows Update ini berfungsi sebagai "penambal" untuk aplikasi tersebut. Jika sebuah aplikasi diupdate, maka error yang ada di aplikasi tersebut akan diperbaiki, sehingga aplikasi tersebut bisa lebih aman. Jadi, Windows Update itu sangatlah penting.

Kapan Windows Melakukan Update Otomatis?

Jika Windows Update dikomputer Anda sudah lama aktif, pasti Anda sudah tau kapan Windows melakukan update secara otomatis. Karena, jika sudah waktunya untuk update, pasti akan muncul pemberitahuan. Microsoft memberikan update ke Windows sebulan sekali, yaitu pada hari Selasa di minggu kedua (ini untuk waktu Amerika dan sekitarnya).

Namun, jika di Indonesia, Update dari Microsoft akan terjadi pada hari Rabu di minggu kedua. Namun, terkadang Microsoft merilis update dadakan untuk Windows. Jadi, update pada Windows tidak selalu hari Rabu di minggu kedua. Pastikan Anda selalu mengaktifkan Windows Update agar Windows dapat mengunduh update secara langsung ketika Anda terkoneksi dengan internet.

Bagaimana Cara Agar Windows Update Aktif Setiap Saat?

1. Klik start - ketik windows update - enter

windows update
windows update

2. Jendela utama windows update akan terbuka. Kemudian klik saja "Change Settings".

Jendela utama windows update
Jendela utama windows update

3. Pada bagian "Important Updates", Silahkan pilih "Install Update Automatically (Recommended)".

Jadi, setiap hari windows akan mengecek apakah ada update atau tidak. Anda juga bisa mengatur kapan windows melakukan update.

Selain itu, masih ada berbagai pilihan lain yang dapat Anda nikmati, yaitu:

Pilihan pada windows update
Pilihan pada windows update

1. "Give me recommended updates the same way i receive important updates"

Nantinya, semua update yang mempunyai label "Recommended" akan terinstall juga, sama seperti update yang "important update".

2. "Allow all users to install updates on this computer"

Semua pengguna komputer Anda dapat menginstall update jika sedang terkoneksi dengan internet.

3. "Give me updates for Microsoft products and check fot new optional Microsoft Software when i update windows"

Jika dikomputer Anda terinstall produk dari Microsoft, seperti Microsoft office, visual studio, dll, Windows akan menyediakan update untuk produk tersebut.

4. "Show me detailed notofications when new Microsoft software is available"

Ketika Microsoft mempunyai aplikasi baru, Windows akan memberikan pemberitahuan yang lengkap mengenai aplikasi tersebut.

Jika sudah, tinggal klik OK saja. Maka, windows akan mengunduh update secara otomatis.

Kesimpulan

Windows membeikan pilihan mudah untuk Anda agar windows Anda tetap update dan terjaga keamananya. Selain itu, beberapa update dari windows dapat meningkatkan performa windows Anda agar lebih efisien dalam menggunakan resource komputer. Jadi, jangan sampai Anda menonaktifkan windows Update di komputer Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.[A]

Seorang Jomblo, Atlit Lompat Tinggi Profesional, bercita cita menjadi Manusia Laba Laba