Selasa, 15 November 2016

Hal-hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Control Panel

Hal-hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Control Panel

WEDUSKU.COM - Control Panel adalah area konfigurasi yang ada di System Operasi Windows. Di Control Panel ini, Anda bisa melakukan beberapa hal, seperti melihat dan memanipulasi pengaturan system dasar, menambah atau menghapus perangkat lunak, memanage account, mengubah pilihan aksesibilitas dll.

Hal-hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Control Panel
Hal-hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Control Panel

Pada System Operasi yang populer, yaitu Windows 7, fitur Control Panel ini setidaknya memiliki 8 opsi berdasarkan kategori pada halaman utamanya. Nah, dari setiap opsi ini memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini adalah ulasan mengenai Control Panel (Admin menggunakan windows 7).

1. System and Security

Pada Fitur System and Security, Anda bisa menembukan bermacam-macam tool yang berhubungan dengan system komputer dan keamananya. Jika Anda klik pada System and Security, maka akan ada beberapa tool yang sudah tersedia, diantaranya adalah Action Center, Windows Firewall, System, Windows Update, Power Option, Backup and Restore, Bitlocker Drive Encryption, dan Administrative Tools. Masing-masing tool tersebut mempunyai fungsi sendiri. Admin akan membahas fungsinya di artikel berikutnya.

2. User Account and Family Safety

Pada Fitur User Account and Family Safety cukup spesifik, karena di Fitur ini yang ada hanya tool-tool yang digunakan untuk melakukan pengaturan akun pengguna, baik itu membuat ataupun menambahkan akun pengguna. Di fitur ini juga terdapat pengaturan untuk password, peraturan orang tua, dll. Biasanya, fitur ini sering digunakan untuk membuat,mengubah, ataupun menghapus password yang ada pada komputer.

3. Network and Internet

Pada Fitur Network and Internet ini memuat berbagai tool untuk pemeriksaan, pengontrolan dan pengubahan tentang jaringan dan internet. tool utama di Fitur ini ada 3, yaitu Network and Sharing Center, Home Group, dan Internet Option.

4. Appearance and Personalization

Pada Fitur Appearance and Personalization, Anda bisa melakukan perubahan pada dekstop komputer. Beberapa perubahan yang bisa dilakukan di Fitur ini seperti ganti tema, background, screen saver, atau pengaturan display untuk layar monitor, pengaturan taskbar, pengaturan folder, pengaturan font dll.

5. Hardware and Sound

Pada Fitur Hardware and Sound, anda bisa melakukan konfigurasi untuk perangkat keras external dan pengaturan suara. Bagi Anda yang ingin memasang, mengatur, menghapus perangkat seperti printer, speaker dan perangkat yang lainya, anda bisa melakukanya di Fitur ini.

6. Clock, Language dan Region

Fitur ini berisi beberapa tool untuk mengubah tanggal, jam, zona waktu, bahasa, angka, mata uang, dll sesuai tempat dimana Anda berada. Misal, Anda berada pada zona waktu indonesia, Anda bisa mengaturnya melalui Fitur ini.

7. Programs

Fitur program adalah Fitur yang sangat penting juga. Fitur ini memuat berbagai tool untuk membantu Anda melakukan instalasi maupun uninstall program atau fitur yang sudah terpasang. Bahkan, Anda bisa mengatur program ke pengaturan awal.

8. Ease of Access

Bagi Anda yang berkebutuhan khusus, Fitur inilah yang harus Anda manfaatkan. Di fitur ini, Anda bisa menyesuaikan pengaturan komputer sesuai penglihatan, pendengaran, dan mobilitas. Bahkan, anda bisa melakukan konfigurasi untuk pengenalan suara.

Control Panel harus di pahami, dan jangan takut untuk mencoba hal yang baru. Ini adalah beberapa fitur yang ada di control panel, masih banyak lagi fitur-fitur yang lainya. Kapan-kapan akan admin bahas.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.[A]

Seorang Jomblo, Atlit Lompat Tinggi Profesional, bercita cita menjadi Manusia Laba Laba