Minggu, 13 November 2016

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

WEDUSKU.COM - Safe Mode adalah keadaan dimana sistem operasi Windows, beroperasi dalam kemampuan standar. Safe Mode merupakan salah satu opsi (pilihan) yang tersedia dalam Windows Advanced Options Menu.

Cara Mudah Masuk Safe Mode Windows 10
Cara Mudah Masuk Safe Mode Windows 10

Dengan Fitur Safe mode, Windows dapat menonaktifkan program dan driver yang tidak terlalu diperlukan saat startup, sehingga dapat membantu Anda untuk menentukan apakah kerusakan ada pada sistem Windows, software yang ada di dalamnya, atau bahkan ketika komputer Anda terkena virus atau malware yang mengakibatkan komputer Windows Anda tidak dapat booting secara normal.

Pada Windows 10 Pro, booting ke safe mode bukanlah hal yang sulit. Berikut adalah 2 metode yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke safe mode pada Windows 10.


  • Boot Ke Safe Mode Menggunakan msconfig
    1. Buka Run. Caranya tekan tombol Windows Key + R pada keyboard dan ketik msconfig
    2. Pada jendela system configuration, klik tab Boot lalu pilih Safe Mode (Minimal) lalu klik Apply.
    3. Restart komputer Anda.
      Pada saat Windows Anda booting, Windows akan secara otomatis masuk ke safe mode tanpa harus menekan F8. Ketika Anda sudah selesai memperbaiki Windows Anda, jangan lupa untuk mengembalikan setting msconfig ke pengaturan semula.
  • Masuk Safe Mode Pada Windows 10 Tanpa Run / Command Prompt

    1. Buka Settings. Caranya klik tombol Start lalu klik Settings.
    2. Setelah jendela Settings terbuka, klik Update & security => Recovery => Advance startup.
    3. Setelah mengklik advanced mode, Anda akan melihat tiga pilihan – Continue, Troubleshoot, dan Turn off your PC. Klik Troubleshoot.
    4. Pada Advanced options ada beberapa pilihan seperti: System Restore, System Image Recovery, Startup Repair, Command Prompt, Startup Settings, dan Go back to the previous build. Klik Startup Settings untuk mengubah pengaturan startup.
    5. Klik tombol Restart untuk mengaktifkan mode Safe Mode.
    6. Setelah itu tekan tombol F4 untuk masuk ke Safe Mode.
Gimana mudah bukan untuk masuk ke Safe Mode Windows 10, nah dengan cara ini anda dapat meperbaiki PC anda bisa menggunakan System Restore maupun Repair Sistem Operasi Windows. [R]

Seorang Jomblo, Atlit Lompat Tinggi Profesional, bercita cita menjadi Manusia Laba Laba