Minggu, 27 November 2016

Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Install Ulang Windows

Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Install Ulang Windows

WEDUSKU.COM- Apakah Anda baru saja melakukan install ulang Windows? Jika iya, berarti sistem yang ada dikomputer Anda sudah kembali segar. Tapi, Anda jangan terlalu bersemangat untuk langsung menggunakanya. Jika Anda langsung menggunakanya, mungkin akan ada beberapa hal yang tidak bisa Anda lakukan, misalnya, tidak bisa internetan, aplikasi juga belum terinstall, dll. Untuk itu, ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan Setelah install ulang Windows. Berikut ini hal-hal penting tersebut:

Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Install Ulang Windows
Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Install Ulang Windows

1. Install Driver

Sistem Operasi Windows mungkin bisa berjalan dengan lancar meskipun Anda tidak menginstall driver, ini disebabkan karena Sistem Operasi Windows sudah dilengkapi dengan driver generic bawaan. Tapi, komputer kamu tidak akan bisa berjalan secara optimal jika kamu hanya menggunakan driver bawaan dari Sistem Operasi Windows.

Untuk itu, Anda harus mendownload driver dari setiap hardware yang Anda miliki dan pastikan juga Anda Anda menginstall driver yang paling terbaru. Berikut ini driver yang layak untuk mendapatkan perhatian lebih adalah Driver VGA (Graphic Card), Sound Card, Wireless, Bluetooth, dll.

2. Install Antivirus yang Up To Date

Admin sendiri lebih suka memakai antivirus Microsoft Security Essential (MSE), karena setelah selesai menginstall MSE, maka akan disuruh update dulu sebelum bisa digunakan. Anda juga bisa memilih antivirus yang lainya seperti Avast, Norton, AVG, Avira, Kapersky dll. Pastikan juga Anda menginstall versi yang paling baru.

Dengan menggunakan antivirus versi yang terbaru dan database yang terupdate, Maka Windows Anda akan lebih aman dari ancaman berbagai virus dan malware.

Baca juga : Antivirus Terbaik Untuk Windows 10

3. Install Aplikasi yang Diperlukan

Setelah selesai install driver, install antivirus, kini saatnya untuk menginstall Aplikasi yang Anda perlukan untuk keseharian Anda. Umumnya, aplikasi yang diperlukan seperti Microsoft Office, Video Player (VLC/MPC/GOM), Audio Player (Winamp/AIMP3) , Browser (Mozila, Google Chrome, Uc Browser, Opera), dan software yang menunjang kebutuhan Anda untuk sehari-hari.

Untuk tambahan saja, Anda juga menginstall aplikasi CCleaner untuk membersihkan Windows Anda dari file sampah, Revo Uninstaller untuk menguninstall aplikasi secara tuntas. untuk info tambahan ini, ini bersifat optional.

4. Melakukan Update Windows

Microsoft secara rutin merilis update dan patch untuk memperbaiki bugs, menambal celah keamanan, bahkan menambah fitur baru. Melakukan Update Windows ini bisa berlangsung secara cepat maupun lama, tergantung dari seberapa banyak update yang di download dan seberapa cepat koneksi internet yang Anda gunakan.

Secara default, Windows memang akan melakukan Update secara otomatis. Namun, daripada pekerjaan Anda terganggu karena banyaknya update yang harus dilakukan, Admin sarankan untuk melakukan update secara langsung setelah melakukan install ulang.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.[A]

Seorang Jomblo, Atlit Lompat Tinggi Profesional, bercita cita menjadi Manusia Laba Laba